Pages

Senin, 01 Oktober 2012

Teknik Membaca SQ3R

Dalam memperlancar proses membaca, seorang pembaca harus memiliki modal, yaitu pengetahuan dan pengalaman, kemampuan berbahasa, pengetahuan tentang teknik membaca (Nurhadi, 1987:123).
Tampubolon (1987:165) menyampaikan bahwa sebelum membaca jenis buku perlu diketahui jenis buku, karena akan membantu kita dalam membuat dugaan tentang isi buku dan dalam menentukan sikap dan cara membacanya, struktur buku juga perlu diketahui, karena pengetahuan ini juga dapat membantu dalam pemahaman pikiran-pikiran yang dikemukakan oleh pengarang dan bermanfaat dalam menemukan informasi-informasi tertentu tentang buku itu.
Dari dua pendapat tersebut sangat jelas cenderung kepada teknik membaca sebagai alat, alat yang dapat digunakan dalam mencerna bahan tulisan. Realisasinya berupa seperangkat keterangan keterampilan untuk mengolah setiap aspek bacaan menjadi sesuatu bacaan yang bermakna bagi pembaca.
Secara garis besar Nurhadi (1987:128) menyampaikan bahwa tentang teknik membaca itu meliputi: (1) pengetahuan tentang aspek-aspek keterampilan membaca, (2) pengetahuan tentang teknik membaca cepat, dan (3) pengetahuan tentang membaca telaah ilmiah. Pengetahuan tentang membaca ilmiah meliputi pengetahuan tentang teknik-teknik membaca telaah terhadap buku-buku ilmiah, salah satunya adalah teknik SQ3R.
Teknik pengajaran membaca yang digunakan kelas tinggi ialah metode telaah tugas atau SQ3R sesuai dengan namanya, teknik ini merupakan singkatan dari setiap tahap masing-masing langkah yang harns dilalui oleh seorang pembaca buku-buku ilmiah secara intensif. Tahapan-tahapan itu meliputi Survey, Question, Read, Recite, and Review.
Survey, Sebelum terjun membaca, sediakan waktu beberapa menit untuk mengenal keseluruhan anatomi buku, caranya dengan membuka-buka buku secara cepat dan keseluruhan yang langsung tampak mata. Yang dimaksud anatomi buku meliputi (1) bagian Preliminaris, Daftar Isi, daftar Tabel, dan pendahuluan, (2) bagian isi buku (bagaimana buku tersebut ditata) apakah terbagi dalam bab-bab yang disertai bagian bab yang lebih kecil? Apakah setiap bab disertai dengan kesimpulan-kesimpulan? Apakah setiap bab disertai dengan pertanyaan-pertanyaan? (3) bagian akhir buku (Apakah pada bagian akhir buku ada bab khusus yang berisi kesimpulan? Apakah disertai dengan daftar pustaka?. Kesemuanya harus diteliti dengan sekilas, minimal untuk mengenal seberapa tinggi tingkat kepercayaan buku tersebut.
Question, Susunlah sejumlah pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan judul dan sub judul buku. Tujuannya untuk mengarahkan pikiran pada bidang yang akan dimasuki agar pembaca bersikap aktif dalam membaca dan tidak hanya mengikuti saja pada apa yang dikatakan pengarang. Kalau perlu bersikap ragu atau mengingkari apa yang dikatakan pengarang sambil nanti melihat buktinya.
Read, Pada tahap ketiga, bacalah keseluruhan dengan teliti sambil meneliti kebenaran pertanyaan dan jawaban. Ketika membaca perhatikan kata-kata kunci, gagasan utama, dan kesimpulan-kesimpulan yang dibuat pengarang. Jika perlu garis bawahilah hal-hal yang penting.
Recite, Mengulang kembali pengertian apa yang telah kit abaca, lakukan pada setiap akhir bab atau sub bab. Masih ingatkah terhadap apa yang baru kit abaca? Jika lupa ulangi membaca yang terlupakan.
Review, Melihat kembali keseluruhan isi buku. Maksudnya bukan membaca serta meneliti untuk kedua kalinya, melainkan bacalah kembali hal-hal yang kita beri tanda. Terutama hal-hal yang garis bawahi, bertujuan melihat barang kali ada hal-hal yang terlewatkan. Dapatkah kiranya kita membuat skema isi buku dan tema keseluruhannya? Juga bagaimana penilaian kita terhadap buku yang baru saja kita baca? (Nurhadi, 1987:131)
Dari penjelasan di atas, bahwa model pembelajaran membaca pemahaman dengan model SQ3R lebih mengarah pada kegiatan siswa, guru hanya memberi tugas kepada siswanya untuk menelaah suatu buku dan memberikan kepada siswa tentang cara memahami isi buku tersebut yang kemudian memberikan pertanyaan-pertanyaan >sebagai evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami wacana yang telah dilakukan tersebut.

1 komentar:

  1. mau tanya, ada buku nya gak tentang metode SQ3R ini? tq

    BalasHapus

FREE DOWNLOAD

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  •  

    Sample text

    Sample Text

    Sample Text